Berkebun Didik Siswa Mencintai Alam dan Mengenalkan Pencipta

Saalah satu bagaian dari program pembelajaran dan pembiasaan siswa yang ditanamkan di SMP Fullday Al-Muhajirin adalah "Green Education". Program tersebut merupakan salah satu dari enam tema unggulan yang diusung, keenam tema unggulan tersebut adalah: Islamic Behaviour, Green Education, Billingual Concept, Self Exploration, Field Trip dan Information Technology.

Sebagai realisasi dari program Green Education salah satunya adalah kegiatan berkebun bagi siswa. Kegiatan berkebun ini dibimbing oleh Guru Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) Bapak Arif Kusno, S.Pd. Dalam pelaksanaannya siswa terlebih dahulu diajarkan bagaiman cara mengolah tanah yang baik, dengan mengharuskan siswa mencakul dan mencabuti rumput dan tanaman liar lainnya sebelum ditanami bibit, pada tahapan ini banyak siswa yang mengeluh kepada guru pembimbingnya, karena ternyata mengolah tanah itu susah tidak segampang yang mereka bayangkan sebelumnya.

Setelah selesai pengolahan tanah guru pembimbing memberikan pejelasan dengan pengalaman yang mereka alami ketika mengolah tanah, kesusahan yang mereka rasakan ketika bekerja, hal itu juga dirasakan para petani yang selama ini mensuplai kebutuhan pangan bagi kita semua, lebih lanjut pembimbing menjelaskan bahwa makanan yang selama ini kita peroleh itu dihasilkan dari kerja keras banyak orang termasuk didalamnya para petani, maka sangat tidak baik seandainya para siswa menyianyiakan makanan yang dihasilkan dengan susah payah.

Setelah proses pengolahan selesai siswa diajak untuk menanami bibit tanaman dan mengingatkan mereka untuk merawat tanaman yang ditamnya, serta memohon kepada Allah SWT agar bisa panen yang memuaskan.

Pada kesempatan penanaman tersebut Penggung Jawab SMP Fullday Al-Muhajirin Enang Sutiana, S.Pd. menjelaskan, bahwa tujuan dari kegiatan berkebun selain mengenalkan cara berkebun dan menanam, tapi jauh lebih penting adalah mengenalkan Allah melalui kegiatan menanam, ketika para siswa menan kami tekankan bahwa bibit ini akan tumbuh dan menghasilkan buah merupakan salah satu  bukti dari kekuasaan Allah. Sebab manusia hanya menam saja, sedangkan yang menumbuhkan daun, ranting, pohon, bunga dan menjadikan buah adalah Allah.      
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Berkebun Didik Siswa Mencintai Alam dan Mengenalkan Pencipta"

 
Copyright © 2015 Fauzi Ahmad
Template by Kunci Dunia
Kembali ke atas