Urgensi Kalender Hijriyah Bagi Umat Islam

 
Kalender Hijriyah atau Kalender Islam, adalah kalender yang digunakan oleh umat Islam, termasuk dalam menentukan tanggal atau bulan yang berkaitan dengan ibadah, atau hari-hari penting lainnya. Kalender ini dinamakan Kalender Hijriyah, karena pada tahun pertama kalender ini adalah tahun dimana terjadi peristiwa Hijrah-nya Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah, yakni pada tahun 622 M.

Penentuan dimulainya sebuah hari/tanggal pada Kalender Hijriyah berbeda dengan pada Kalender Masehi. Pada sistem Kalender Masehi, sebuah hari/tanggal dimulai pada pukul 00.00 waktu setempat. Namun pada sistem Kalender Hijriah, sebuah hari/tanggal dimulai ketika terbenamnya Matahari di tempat tersebut.

Penetapan kalender Hijriyah dilakukan pada jaman Khalifah Umar bin Khatab, yang menetapkan peristiwa hijrahnya Rasulullah saw dari Mekah ke Madinah. Kalender Hijriyah juga terdiri dari 12 bulan, dengan jumlah hari berkisar 29-30 hari. Penetapan 12 bulan ini sesuai dengan firman Allah Subhana Wata'ala: ”Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (At Taubah: 36).

Nama-nama bulan dalam kalender Hijriyah : 1. Muharam, 2. Shafar, 3. Rabiul Awwal, 4. Rabiul Akhir, 5. Jumadil Ula, 6. Jumadil Tsani, 7.Rajab, 8. Sya’ban, 9.Ramadhan, 10. Syawal, 11. Dzul Qo’dah, 12. Dzul Hijjah.

Tanggal-tanggal penting dalam Kalender Hijriyah adalah:
- 1 Muharram: Tahun Baru Hijriyah
- 10 Muharram: Hari Asyura. Hari ini diperingati bagi kaum Syi'ah untuk memperingati wafatnya Imam Husain bin Ali
- 12 Rabiul Awal: Maulud Nabi Muhammad (hari kelahiran Nabi Muhammad)
- 27 Rajab: Isra' Mi'raj
- Bulan Ramadan: Satu bulan penuh umat Islam menjalankan Puasa di bulan Ramadan
- 17 Ramadan: Nuzulul Qur'an
- 10 hari ganjil terakhir di Bulan Ramadan terjadi Lailatul Qadar
- 1 Syawal: Hari Raya Idul Fitri
- 8 Dzulhijjah: Hari Tarwiyah
- 9 Dzulhijjah: Wukuf di Padang Arafah
- 10 Dzulhijjah: Hari Raya Idul Adha
- 11-13 Dzulhijjah:Hari Tasyriq

Urgensi Penggunaan Kalender Hijriyah
Sebagai sebuah sistem  penanggalan islam, maka penggunaan kalender hijriyah bagi umat islam sangat penting karena menyangkut penentuan pelaksanaan ibadah seperti awal Ramadahan, Hari Raya dan lain-lain (Lihat Tanggal-tanggala penting). Termasuk pelaksanaan ibadah sunnah seperti puasa Bidh (puasa tanggal 13, 14 dan 15 disetiap bulan Hijriyah), yang tak kalah pentingnya dari penggunaan kalender hijriyah adalah menentukan baligh bagi seseorang ketika menginjak usia 15 tahun, karena 15 tahun yang dimaksud adalah dihitung berdasarkan tahun kelahiran seseorang berdasarkan tahun hijriyah.Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah penentukan haul (genap setahun) harta seseorang yang telah mencapai Nishab untuk dikeluarkan zakatnya. Haul zakat seseorang juga berdasarkan perhitungan kalender hijriayah.

Tahun Masehi
Tahun masehi dalam bahasa inggris disebut AD, singkatan dari Anno Domini, tahun kelahiran tuhan. Tentu saja tuhan menurut keyakinan mereka. Tahun yang diyakini sebagai kelahiran Christ diambil sebagai permulaan perhitungan dan disebut AD alias Anno Domini. Tahun-tahun sebelumnya disebut Before Christ disingkat BC.

Tahun hijriah dimulai saat peristiwa Hijrah Nabi SAW bersama sahabatnya dari Makkah menuju Madinah. Hijrah yang menjadi tonggak sejarah perkembangan Islam yang luar biasa dijadikan penanda penanggalan kaum muslimin.

Pertanyaannya, mengapa terjadi kontras sedemikian rupa gaung penyambutan tahun baru hijrah dengan masehi. Mengapa jauh berbeda ibarat langit dan sumur sat (sumur sat = sumur yang telah kosong airnya. Langit dan bumi kurang jauh untuk melukiskan perbedaan keduanya). Bahkan sebagian besar kaum muslim pun lebih suka bergembira dengan tahun baru masehi dari pada hijriah. Kaum muslimin lebih suka bergembira dengan tahun penanda kelahiran tuhan (Anno Domini, Christ, Kristus) dari pada peristiwa heroik Hijrah.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Urgensi Kalender Hijriyah Bagi Umat Islam"

 
Copyright © 2015 Fauzi Ahmad
Template by Kunci Dunia
Kembali ke atas