Program Kesiswaan Menumbuhkan daya Kreatif dan Kejuangan Siswa


Program pendidikan yang kami tawarkan adalah membantu siswa yang memasuki masa remaja awal untuk tumbuh dan berkembang secara berimbang dan utuh. Sekolah selain sebagai lembaga formal yang meningkatkan kualitas intelektual (Intelegence Quotient) adalah juga tempat yang kondusif bagi peningkatan kualitas kecerdasan emosional (Emotianal Quotient), kecerdasan spiritual (Spiritual Quotient) dan kecerdasan kreatifitas (Creativity Quotient) maupun kemampuan mereka dalam menghadapi kehidupan (Adversity Quotient).
Semua usaha peningkatan kelima kecerdasan tersebut dicapai dengan mengadakan berbagai kegiatan yang berorientasi pada akal fikiran, emosi, hati maupun fisik mereka. Beberapa program yang diadakan diantaranya:
1. Program Kepanduan, Palang Merah Remaja dan PASKIBRA
Program ini bersifat wajib bagi semua siswa. Melalui Kepanduan, PMR dan PASKIBRA ketrampilan, ketangkasan dan ketangguhan jasmani dan ruhani serta kepedulian dan kedisiplinan  siswa diasah dan ditingkatkan.
2. Program Spiritual Day
Program ini adalah program pendampingan agama Islam. Wujud program ini adalah pertemuan seminggu sekali selama 2 jam penuh (2 x 60 M) setiap hari Jum'at pagi yang berisi program bimbingan keagamaan dengan berbagai permasalahan yang dibahas secara komprehensif oleh ustadz/ah yang bertindak sebagai mentor. Pada pertemuan ini siswa dibantu untuk dapat memahami Agama Islam secara utuh sehingga siswa menjadi paham tentang pentingnya beragama.
3. Program Muhadhoroh (latihan pidato)
Program ini adalah program untuk meningkatkan kemampuan berpidato bagi siswa. Program ini dilaksanakan setiap hari Jum'at Pukul 14.20 sampai 15.20. Setiap siswa wajib berpidato secara bergiliran yang tergabung dalam kelompok-kelompok kecil. Selain latihan berpidato siswa juga dituntut untuk mampu menjadi Pembawa Acara (MC), pembaca sholawat, Tahlil, memimpin do'a dan mengatur acara keagamaan yang biasa diadakan dimasyarakat.  Program ini dapat meningkatkan kecerdasan Linguistic siswa yakni kemampuan untuk mengungkapkan pikiran dalam bentuk verbal baik tulisan maupun lisan.
4. Program Pembiasaan Ibadah
Program ini adalah program untuk membiasakan siswa istiqomah dalam melakukan amal ibadah. Ibadah yang dibiasakan bagi siswa diantaranya sholat berjama’ah, membaca dzikir Al Ma’tsurat setelah sholat Ashar berjama’ah, sholat dhuha setiap hari, puasa sunah pada waktu-waktu yang disunahkan untuk berpuasa sunah. Selain itu adalah membaca Al Qur’an setiap pagi sebelum mata pelajaran jam pertama dimulai.
5. Program Muhadhoroh dan Tadarus Keliling
Program ini adalah program kelas. Setiap kelas mengadakan muhadhoroh dan tadarus keliling setiap 2 minggu sekali dari rumah siswa yang satu dengan siswa yang lain. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pidato siswa dan keberanian berbicara didepan masyarakat serta kualitas tilawah Al Qur’an dan menjalin silaturahmi antara sekolah dengan orang tua/ wali siswa. Demikian juga antara siswa yang satu dengan siswa yang lain.
6. Program Malam Bina Iman dan Takwa (Mabit)
Dalam program ini semua siswa bermalam di sekolah.program ini diselenggarakn pada pertangahan bulan Ramadhan. Selama bermalam disekolah diadakan kajian Islam dan sholat malam berjama’ah. Kegiatan ini diadakan satu tahun satu kali.
7. Program Field Trip (Kunjungan siswa).
Kunjungan Ke Bank Muamalat Indonesia
Program ini untuk meningkatkan wawasan ilmiah siswa dengan mengunjungi tempat-tempat tertentu seperti pusat penelitian, perguruan tinggi, lembaga pemerintahan, ataupun suatu badan usaha. Program ini diadakan minimal empat kali setiap satu tahun pelajaran.
8. Program Perkemahan Sabtu Ahad (Persada)
Program ini berbentuk berkemah di alam bebas. Pada saat berkemah ini siswa mengikuti serangkaian kegiatan di alam yang bermanfaat bagi mereka.
9. Niasaiyah (Program Kewanitaan)
Progrm ini berisi kajian Fiqih tentang wanita, keterampilan menjahit, bordir dan memasak. kegiatan ini diselenggarakan pada hari jum'at bertepatan dengan waktu shalat jum'at siswa laki-laki.

Masih banyak kegiatan-kegiatan lain yang sifatnya terjadwal dan
insidental seperti daurah (Kajian Ilmu), Study Tour, Tarhib Ramadhan ataupun aksi-aksi kemanusiaan merespon berbagai peristiwa nasional maupun internasional.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Program Kesiswaan Menumbuhkan daya Kreatif dan Kejuangan Siswa"

 
Copyright © 2015 Fauzi Ahmad
Template by Kunci Dunia
Kembali ke atas