Cerpen: Betapa Indahnya Perbedaan

Karya: Nandita AP - 8 Casablanca

Pasti diantara kita semua mempunyai perbedaan,tapi perbedaaan itulah yang membuat hidup kita menjadi indah dan berwarna,seperti Anton dan Tio.

Anton adalah anak dari seorang pengusaha ternama yang terkenal, ia mempunyai segalanya, apapun yang ia minta  sudah pasti dibelikan oleh kedua orangtuanya. Berbeda dengan Tio, Tio adalah anak dari seorang penjual kayu bakar, ia hanya tinggal dengan ayahnya karena ibunya telah meninggal sejak ia berumur 1 tahun.

Anton dan Tio mempunyai sifat yang sangat berbeda. Anton anak yang sombong karena dia merasa dirinya kaya, berbeda dengan Tio, Tio anak yang baik, sederhana, rajin, dan murah hati. Karena bagi Tio tidak berguna bersombong-sombong di dunia, karena dunia bukanlah tempat yang kekal.

Mereka satu sekolah,Anton tidak mau berteman dengan Tio karena Anton menganggap Tio tidak setara dengannya. Pada saat itu Anton tertimpa musibah dia jatuh dari sepeda dan terserempet motor. Saat itu Tio sedang berjalan menuju rumah yang sangat ia sayangi. Tio melihat Anton terbaring di pinggir jalan dan dia mendekati Anton “Anton kamu kenapa?” tanya Tio. “Tadi aku terserempet motor dan jatuh dari sepeda. Kakiku sakit” jawab Anton. “Maukah kau aku tolong? aku akan mengantarmu pulang Anton” kata Tio. “Baikalah kalau kamu ingin membantuku nanti sesampainya dirumah jasamu akan ku  bayar dengan uang tenang saja” kata Anton. “kamu tidak perlu membayarku Anton aku ikhlas membantumu, sudah mari kuantar”.

Anton dan Tio pu pulang menuju rumah Anton sesampainya dirumah,Anton langsung mengucapkan terimakasih kepada Tio karena Tio telang menolongnya. Sejak saat itu Anton dan Tio menjadi sahabat dan saling berbagi satu sama lain.

Anton bukanlah Anton yang lama tetapi Anton sudah berubah menjadi anak yang baik seperti Tio. Sejak saat itu pula Anton merasakan indahnya perbedaan dengan sesama.

Pesan cerita :
“Kita mungkin berbeda tetapi perbedaan bukan untuk saling membenci melainkan untuk saling melengkapi. Dan kita tidak boleh menjadi orang yang sombong, karena kesombongan  adalah perbuatan tercela. Dan kita harus bisa menerima kekurangan dan kelebihan orang lain”
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cerpen: Betapa Indahnya Perbedaan"

 
Copyright © 2015 Fauzi Ahmad
Template by Kunci Dunia
Kembali ke atas