Hati-hati, Ini Pengaruh Buruk Media Sosial

 DI zaman globalisasi ini, ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang begitu pesat. Masalah yang menyangkut dengan pengetahuan, dapat kita atasi dengan begitu mudah karena adanya teknologi. Media sosial merupakan salah satu layanan dalam bidang teknologi yang membantu kita dalam bersosialisasi. Namun, tahukan Anda bahwa media sosial memiliki pengaruh buruk bagi kita?
Ada banyak dampak negatif yang sering dilupakan jika sudah terlalu gandrung pada situs jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter. Banyak penelitian yang telah dilakukan mengenai permasalahan ini, entah itu dari segi kesehatan, psikologi, spiritual dan lain-lain. Berikut ini ada 5 dampak negatif dari Media sosial yang sering terlihat di sekitar kita.
1. Tidak peduli dengan sekitar
Kebanyakan orang saat sudah merasakan asyiknya online menjadi tidak peduli dengan lingkungan sekitar, entah itu pada saudara, orangtua atau teman. Bahkan, dengan dirinya sendiri pun lupa. Tidak peduli orangtua sedang repot butuh bantuan, tidak peduli lantai kotor dan harus disapu, tidak peduli sudah menjalankan ibadah sholat atau belum dan masih banyak lagi ketidakpedulian mereka disaat sedang asyik di dunia maya.
2. Kurang sosialisasi dengan lingkungan
Jika diperhatikan banyak remaja sekarang yang tidak akrab dengan tetangga sekitar. Mereka cenderung asyik mengurung diri di kamar memainkan jari jemarinya di keyboard komputer atau keypad handphone mereka. Sehingga kebiasaan ini menyebabkan mereka menjadi tidak dikenal di masyarakat, tidak mengetahui ada info apa di lingkungan sekitar dan sebagainya.
3. Menghamburkan uang
Akses internet menggunakan pulsa. Rata-rata bagi mereka yang kecanduan media sosial selalu menjaga pulsanya demi bisa bermedia sosial ria. Banyak juga remaja sekarang yang lebih memilih pulsanya didaftarkan untuk paket internet daripada untuk menelpon atau sms keluarga. Apalagi yang online via warnet, andai tarifnya 1500/jam dikalikan 4 jam saja sudah 6000 rupiah yang harus dihabiskan. Bagi yang sudah kecanduan terkadang mereka sampai bermalam di warnet, bisa dikalkulasikan bukan berapa biayanya?
4. Mengganggu kesehatan
Mereka yang sedang asyik di media sosial cenderung suka tidur larut malam dan melupakan perutnya sudah terisi makanan atau belum. Sudah tentu hal ini menyebabkan daya tahan tubuh menjadi lemah sehingga mudah terserang penyakit.
5. Malas Belajar
Mirip dengan poin ke empat, jika terlalu asyik berMedia sosial ria menyebabkan malas untuk membuka kembali buku pelajaran sekolah atau kuliah. Hal ini salah satu sebab mengapa anak muda sekarang menjadi terlihat seperti “LOYO dan BODOH”. [rika/islampos/kimcollegeanyer]
Sumber : 
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Hati-hati, Ini Pengaruh Buruk Media Sosial"

 
Copyright © 2015 Fauzi Ahmad
Template by Kunci Dunia
Kembali ke atas