FSGI: Revisi Soal UN Kacau

 REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI)  Retno Listyarti mengatakan  kacaunya  revisi soal Ujian Nasional (UN) diduga karena ada perintah untuk memastikan soal tentang  Jokowi tidak ada lagi di UN SMP. Makanya mungkin itu yang menyebabkan ada soal-soal yang hilang padahal jawabannya ada, Selasa, (6/5).

Soal-soal yang direvisi, ujar Retno, ada juga yang absurd dan tidak mudah dipahami oleh panitia maupun para pengawas UN. Sehingga butuh waktu lama untuk memahami isi petunjuknya.

Ada orangtua siswa yang  melaporkan anaknya mendapatkan 56 soal untuk dikerjakan. "Padahal dalam LJKUN hanya untuk 50 soal sementara kawan anaknya justru hanya mendapatkan 49 soal,"kata Retno.

Anak-anak ini, ujar Retno, diminta untuk  menyusun sendiri soal yang acak-acakan sesuai urutan nomor. Tetapi ternyata ada yang dapat soal lebih dan ada yang dapat soal kurang dari 50 soal sehingga ini membingungkan para siswa.

Ketika siswa soalnya tidak lengkap, kata Retno,  pengawas UN tidak bisa melakukan apa-apa. “Banyak anak yang merasa khawatir tidak lulus karena hal ini,"katanya.

Ada kasus, terang Retno, seorang siswa di Bogor, soal yang didapatnya tidak ada nomor  38, sementara di lembar jawaban ada nomor 38. Masih pada wilayah yang sama, ada siswa yang soalnya tidak ada nomor 13 dan 14, padahal dilembar jawaban ada nomor 13 dan 14 sehingga siswa yang bersangkutan sampai menangis setiba di rumahnya.

Sementara itu, Koordinator Posko Pengaduan FSGI Fachrudin mengatakan, sejumlah guru pengawas dan tiga kepala sekolah dari berbagai daerah melaporkan bahwa soal bahasa Indonesia SMP terpisah dalam dua amplop berbeda.
 http://www.republika.co.id
Amplop  pertama adalah sampul bersegel  yang hanya berisi soal UN nomor 13 s/d 38, sedangkan  nomor  soal yang  lainnya nomor 1-12 dan nomor 39-50 ada diluar sampul bersegel.

“Banyak pengawas kebingungan. Para peserta UN  banyak yang menangis karena takut tidak lulus," ujar Fachrudin.
Sumber :
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "FSGI: Revisi Soal UN Kacau"

 
Copyright © 2015 Fauzi Ahmad
Template by Kunci Dunia
Kembali ke atas