Manasik Haji kelas 9 SMP Fullday, Membangun Lulusan Berkarakter dengan Spirit Haji

Siswa Kelas 9 mempraktikan teori manasik haji.
Siswa kelas 9 SMP Fullday Al-Muhajirin yang baru saja menyelesaikan kegiatan Ujian Nasional 2014. Senin sampai Kamis 5-8 Mei 2014 tidak langsung istirahat atau bebas tanpa kegiatan sekolah. Selesainya kegiatan UN dan menunggu hasil pengumuman dimanfaatkan dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat dan menjadi bekal bagi siswa-siswi SMP Fullday.

Latihan Manasik Haji merupakan salah satu kegiatan yang diikuti oleh siswa kelas 9. Kegiatan latihan manasik ini diadakan pada tanggal  9 dan 10 Mei 2014,  hari pertama kegiatan diisi dengan teori mengenai tata cara pelaksanaan ibadah haji, serta penjelasan mengenai syarat rukun pelaksanaan Ibadah haji, sebagai nara sumber H Marfu' Muhyidin Ilyas. M.A. 

Antusias mengikuti pembekalan manasik haji
Sementara itu pada hari kedua 10 Mei 2014, seluruh peserta manasik haji mempraktikan teori yang telah disampaikan sebelumnya, dalam kegiatan praktik ini para siswa mengenakan pakaian ihrom sebagaimana layaknya jamaah haji dan menggunakan miniatur ka'bah untuk memudahkan pemahaman tentang tata cara praktik ibadah haji.

Kegiatan praktik ini menurut panitia penyelenggra diharapkan mampu memberikan pengalaman sekaligus bekal bagi siswa dan siswi yang akan meninggalkan sekolah tentang tatacara ibadah haji sekaligus memanfaatkan waktu jeda anatara UN dengan pengumuman kelulusan, dengan harapan apabila waktu jeda tersebut diisi oleh hal yang bermanfaat akan jauh lebih berguna dibandingkan hanya dipakai siswa untuk berleha-0leha tanpa kegiatan yang jelas yang diprogramkan sekolah. 
ABG   
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Manasik Haji kelas 9 SMP Fullday, Membangun Lulusan Berkarakter dengan Spirit Haji "

 
Copyright © 2015 Fauzi Ahmad
Template by Kunci Dunia
Kembali ke atas