Siswa Kelas 9 Dibekali Ilmu Mengurus Jenazah


Siswi sedang mempraktikkan mengikat mayit dengan seksama
Pengetahuan tentang tata cara pengurusan Jenazah saat ini merupakan hal yang jarang dipelajari dan jarang dimiliki oleh ummat islam. Tak jarang kita menemukan dalam kehidupan dimasyarakat ketika ada seseorang meninggal dunia selalu mengandalkan seorang sespuh atau lebih dikenal dengan sebutan amil untuk mengurus jenazah, padahal jumlah amil dalm satu kelurahan atau desa hanya berjumlah satu orang.

Sejatinya kemampuan mengurus jenazah ketika ada salah seorang muslim yang meninggal bisa dikuasai oleh siapapun asal ada kemauan untuk mempelajarinya. Dalam rangka memberikan pembelajaran kepada siswa serta membekali para siswa kelas 9 yang akan menjadi alumni perdana, SMP Fullday menyelenggarakan pembekalan bagaimana mengurus jenazah sesuai dengan syariat islam. Acara pembekalan tersebut berlangsung pada hari Rabu 14 Mei 2015 dibimbing oleh Ust Burhanudin, Us Ikin Shodikin dan Ust Abu Fajar.

Siswa sedang mencoba mempraktikkan cara mengkafani mayit
Dalam kegiatan tersebut siswa diajak mempraktekkan mulai dari memperlakukan seseorang yang sedang sakaratul maut dengan cara membimbing talkin yaitu menuntun seseorang yang sedang sakaratul maut untuk mengucapkan lafadz-lafadz thoyyibah.

Praktek berikutnya dilanjutkan bagaiman cara memandikan mayit yang benar, mengkafani, menshalatkan hingga mengubur mayit. Untuk mendukung kegiatan tersebut agar benar-benar sesuai dengan realita, panitia menyiapkan alat praktik berupa boneka manusia utuh, kain kafan lengkap dengan wewangian dan kafas yang biasa dipakai dalam mengurus jenazah.

Menurut kepala Sekolah SMP Fullday kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan bekal kepada para lulusan SMP Fullday ilmu terapan yang nantinya akan sangat dibutuhkan dimasyarakat, yang saat ini ilmu atau kemampuan ini jarang dimiliki dan jarang dipelajari. ABG  
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Siswa Kelas 9 Dibekali Ilmu Mengurus Jenazah"

 
Copyright © 2015 Fauzi Ahmad
Template by Kunci Dunia
Kembali ke atas