Siswa SMP Fullday Praktek Mengurus Jenazah


Memandikan Janazah, mengkafani janazah bahkan sampai menguburkan janazah, mungkin yang terbayang adalah pekerjaan atau aktivitas yang hanya bisa dilakukan oleh pemuka agama disuatu daerah atau kampung, tak sembarangan orang mampu melakukannya atau bahkan takut untuk melakukannya.

Rabu 20 Mei 2015 segenap siswa kelas 9 SMP Fullday Al-Muhajirin yang baru beberapa pekan menyelesaikan Ujian Nasional (UN), mengikuti kegiatan praktek pengurusan janazah. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan pembekalan keagamaan dan kewirausahaan yang diselenggarakan sekolah.

Kegiatan pengurusan jenazah tersebut dimulai dari bagaimana sikap yang harus dilakukan seseorang ketika menghadapi orang yang sedang menghadapi sakaratul maut, dilanjutkan dengan memandikan jenazah, mengkafani atau mebungkus jenazah dan diakhiri dengan tatacara penguburan jenazah sesuai syariat yang diajarkan Rasululloh SAW.

Dalam kegiatan tersebut semuanya dilakukan dengan media praktek yang diusahakan senyata mungkin dengan kain kafan dan lobang kubur yang dipersiapkan senyata mungkin bahkan keranda yang dipakai membawa jenazah dengan keranda yang biasa dipakai membawa jenazah. 

Kegiatan pelatihan ini dimaksudkan memberikan bekal praktis penanganan janazah bagi siswa kelas 9 yang kelak akan terjun dimasyarakat. Bukankah pengurusann jenazah merupakan kewajiban yang apabila dalam satu kampung atau komunitas tak ada yang mampu melakukannya, maka dosa bagi semua penghuni kampung tersebut.
ABG2 
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Siswa SMP Fullday Praktek Mengurus Jenazah"

 
Copyright © 2015 Fauzi Ahmad
Template by Kunci Dunia
Kembali ke atas