SMP Fullday Sabet Empat Gelar diajang FLS2N Kab. Purwakarta

Dzulfa utusan SMP Fullday sedang membaca puisi karya WS Rendra

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Purwakarta menggelar kegiatan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SMP tinggat Kabupaten Purwakarta tahun 2016.

Kegiatan ini diselenggarakan di SMPN 1 Sukatani pada hari Selasa tanggal 19 April 2016 dan diikuti 379 peserta dari 17 jenis perlombaan.

Pada agenda tahunan ini, SMP Fullday Al-Muhajirin Purwakarta, mengirimkan para utusannya yang terdiri dari para siswa sebagai peserta beserta guru pendamping. Sebanyak 11 siswa mengikuti lomba baca puisi, cipta puisi, debat, vokal group dan poster.

Dalam FLS2N ini tim SMP Fullday Al-Muhajirin berhasil menyabet empat kejuaraan meliputi: Juara 2 Debat, Juara harapan 1 baca puisi, juara harapan 2 poster dan juara harapan 2 cipta puisi. 

Dalam sambutannya Kabid Dikdas Disdikpora Purwakarta, H Didi Garnadi mengatakan, pemenang lomba seni ini nantinya akan dilombakan kembali di tingkat Provinsi Jawa Barat.
"Pemenang tentunya akan dilombakan di tingkat provinsi. Maka dari itu, ayo para peserta semangat dan tunjukkan kualitas kalian," ujar Didi saat sambutan dalam acara tersebut.
Didi memaparkan, tujuan dari menyelengarakan kegiatan lomba seni ini yaitu untuk menggali dan melestarikan seni dan budaya Jawa Barat, membina dan meningkatkan kreativitas siswa dalam bidang seni dan sastra.
"Selain itu, juga untuk menanamkan dan membina apresiasi seni dan sastra, khususnya terhadap nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa," kata Didi.

Penting juga, lanjut dia, yaitu untuk mengembangkan sikap kompetitif dalam diri siswa yang berwawasan global.
"Dan jelas kita harus menumbuhkembangkan sikap sportivitas siswa sejak dini sebagai bagian dari pengembangan karakter," ujar Didi.
Dia pun memaparkan dasar pemikiran kegiatan ini digelar. Tentunya ini diarahkan untuk membentuk manusia seutuhnya. Pendidikan sebagai bagian dari pembentukan budi pekerti, memberi kontribusi yang besar terhadap pembentukan jati diri yang berakar pada budaya bangsa.

"Dalam pendidikan terangkum unsur sikap (attitude), pengetahuan (knowledge), dan keterampilan (skill), yang terpadu dalam kreativitas dan kepribadian siswa," jelasnya.
Ia menjelaskan, kesenian sebagai salah satu unsur, pada era peradaban merupakan pendorong pertumbuhan sikap dan perilaku di segala bidang kehidupan akan membawa kreativitas siswa dalam rangka meningkatkan kesejahteraan untuk menciptakan sumber daya melalui pemberdayaan ekonomi kreatif.
"Pendidikan sebagai salah satu unsur kebudayaan memiliki peran yang strategis saat ini, demikian pula halnya dengan bahasa dan seni sebagai media komunikasi yang sangat penting," kata Didi.
Apabila dilakukan secara terus-menerus dan berkesinambungan, hal itu akan berdampak signifikan bagi perkembangan bangsa Indonesia. Siswa sebagai generasi muda penerus bangsa harus memiliki bekal pendidikan kognitif, afektif, dan motorik yang selaras dan seimbang.
Sebagai upaya memberikan ruang bagi kreativitas dan potensi siswa SMP di bidang seni dan sastra, perlu diselenggarakan suatu aktivitas yang mampu mewadahi ekspresi siswa.
"Kegiatan itu diharapkan mampu mewadahi berbagai bentuk seni dan sastra serta mampu mengangkat potensi yang dimiliki siswa sehingga dapat memberikan prestasi dan kebanggaan bagi dunia pendidikan khususnya, dan bangsa Indonesia pada umumnya," ujarnya.

Sementara itu, Sekertaris Disdikpora H Purwanto M.Pd saat membuka acara FLS2N berpesan, agar kegiatan semacam ini terus diimprovisasi. Karena, kata dia, kegiatan seni budaya semacam ini sangat penting untuk perkembangan siswa.
"Kesenian harus terus dikembangkan. Terutama yang berkaitan dengab budaya. Purwakarta saat ini sudah sangat punya karakter, maka dari itu harus dibantu juga oleh kualitas SDM-nya," ujar Purwanto.
Ia pun meminta kepada seluruh SMP di Purwakarta agar mengakomodir siswa yang punya potensi dalam berseni.
"Jangan terpaku oleh kegiatan seperti ini saja. Di tingkatan sekolah pun harus menyelenggarakan. Saya yakin masih banyak siswa yang punya potensi, cuman kurang terakomodir," katanya.
Purwanto pun berterimakasih kepada Kabid Dikdas, Kepala Sekolah SMPN 1 Sukatani sebagai tuan rumah, dan seluruh guru SMP di Purwakarta yang sudah ikut serta dalam menyukseskan acara FLS2N.
Kegiatan FLS2N cukup meriah. Dari berbagai sekolah datang untuk memeriahkan acara tersebut. Bahkan terlihat jelas antusiasme peserta untuk mengikuti kegiatan tersebut.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "SMP Fullday Sabet Empat Gelar diajang FLS2N Kab. Purwakarta"

 
Copyright © 2015 Fauzi Ahmad
Template by Kunci Dunia
Kembali ke atas