Al-Hamdulillah, SMP Fullday Al-Muhajirin Raih Predikat Akreditasi 'A'

 
Alhamdulillah tepat empat bulan setelah visitasi akrediatasi yang diadakan para asesor Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M), tepatnya pada akhur bulan Agustus 2016. Pada akhir Desember hasil penilaian para asesor akhirnya secara resmi diberikan kepada pihak sekolah peserta akreditasi tahun 2016.  Sebanyak 106 Sekolah dari tingkat SD sampai SLTA di Kabupaten Purwakarta diakreditasi sepanjang tahun 2016.

SMP Fullday Al-Muhajirin teermasuk dari 106 sekolah yang diakreditasi dan sertifikat akreditasinya secara resmi deserahkan BAN melalaui BAP Jawa Barat. Hasil yang diraih cukup memeuaskan dengan predikat A, dengan raihan yang diperoleh ini kami berharap kepercyaan masyarakat terhadap SMP Fullday Al-Muhajirin sebagai salah satu SMP Islam di Purwakarta akan meningkat, juga peningkatan mut layanan dan prestasi juga meningkat.

Tujuan dan Fungsi Akreditasi

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam rangka meningkatkan mutu  pendidikan, pemerintah mengeluarkan Undang Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 60, Peraturana Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Pasal 86 & 87 dan Surat Keputusan Mendiknas No. 87/U/2002  tentang Akreditasi Sekolah.

Dalam keputusan tersebut dengan tegas menunjuk seluruh sekolah agar diakreditasi, baik sekolah negeri maupun sekolah swasta. Sebelumnya Keputusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 020/Kep/1983, menyebutkan bahwa akreditasi hanya untuk sekolah swasta. Akreditasi sekolah adalah suatu kegiatan kelayakan dan kinerja suatu sekolah berdasarkan kriteria (standar) yang telah ditetapkan dan dilakukan oleh badan akreditasi sekolah yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan peringkat kelayakan.

Apa Akreditasi Sekolah itu ? Akreditasi sekolah adalah kegiatan penilaian (asesmen) sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah yang bersangkutan.
Apa Tujuan Akreditasi Sekolah?, Akreditasi sekolah bertujuan untuk :
  1. Memberikan informasi tentang kelayakan sekolah / madrasah atau program yang dilaksanakan berdasarkan standar nasional pendidikan.
  2. Memberikan pengakuan peringkat penilaian
  3. Memberikan rekomendasi tentang penjaminan mutu pendidikan kepada program dan atau satuan pendidikan yang diakreditasi dan pihak terkait.
Adapun manfaat dari akreditasi sekolah ini adalah :
  1. Membantu sekolah / madrasah dalam menentukan dan mempermudah kepindahan peserta didik
  2. Membantu mengidentifikasi sekolah/ madrasah dalam rangka pemberian bantuan/ dukungan
  3. Acuan dalam hal peningkatan mutu
  4. Umpan balik dalam upaya memberdayakan kinerja sekolah/ madrasah
  5. Membantu sekolah dalam melakukan evaluasi diri bagi sekolah secara terus menerus
Fungsi akreditasi sekolah :
  1. Akuntabilitas, sebagai bentuk pertanggungjawaban sekolah/ madrasah kepada public, apakah layanan yang diberikannya telah memenuhi harapan masyarakat atau tidak
  2. Pengetahuan, sebagai informasi kepada masyarakat/ public tentang kelayakan dan kinerja sekolah/ madrasah yang bersangkutan
  3. Pembinaan dan pengembangan, yakni sebagai dasar bagi sekolah/ madrasah dalam upaya meningkatkan mutunya.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Al-Hamdulillah, SMP Fullday Al-Muhajirin Raih Predikat Akreditasi 'A'"

 
Copyright © 2015 Fauzi Ahmad
Template by Kunci Dunia
Kembali ke atas